Desa Wisata Siji

Keterangan singkat kegiatan di foto

Paragraf pertama diisi dengan rangkuman singkat tentang diferensiasi ataupun unggulan desa wisata sebagai kesan pertama. Hal ini diperlukan untuk tulisan online informal non cetak agar lebih mudah menyesuaikan dengan alogaritma tampilan feed di browser ataupun penerapannya di index hasil search engine atau mesin pencari.

Infografis

Berisi keterangan lokasi, meliputi alamat lengkap dan keterangan kewilayahan secara administratif. Boleh ditambahkan foto atau gambar pendukung.

Peta Area Desa Wisata

Cakupan area kawasan Desa Wisata, bisa sub area, desa tunggal, maupun kluster tergantung luasan kawasan desa wisata.

Lebih baik jika ditambahkan gambar cakupan area serta titik-titik penting desa wisata seperti titik letak fasilitas, area-area kegiatan, lokasi yang mempunyai storytelling, lokasi sejarah atau cagar budaya, lokasi destinasi unggulan,

Legal

Tulisan keterangan bukti keabsahan secara hukum. Bisa dituliskan secara berurutan sesuai pengakuan atau tanggal keabsahan surat legal. Tidak memerlukan foto tambahan.

Struktural

Diisi struktur kelembagaan desa wisata, bisa ditambahkan bagan maupun ketugasannya.

Akses

Detail mengenai bagaimana pengunjung bisa mencapai lokasi desa wisata, waktu terbaik, termasuk pertimbangan apasaja yang bisa didapatkan selama perjalanan dari berbagai moda yang ada.

Histori

Keterangan perjalanan desa wisata mulai dari latar belakang pembentukan, sejarah awal pendirian hingga hal-hal yang mendasar yang menjadi alasan dibentuknya desa wisata.

Aset dan Fasilitas Layanan

Keterangan mengenai apa saja yang ada di desa wisata secara akomodasi yang bisa didapatkan oleh pengunjung di desa wisata. Contoh, kantor sekretariat, toilet, ruang parkir, pos dari stake holder terkait beserta kapasitas layanan. Bisa ditambahkan foto atau gambar sederhana tentang fasilitas yang ada.

Kondisi dan Keadaan

Menceritakan keadaan desa wisata secara singkat tentang hal-hal yang spesial atau menjadi diferensiasi lokasi. Baik itu kondisi geografis atau bentang alam beserta apasaja yang ada di dalamnya maupun secara kehidupan sosial budaya masyarakat yang mendiaminya. Bisa ditambahkan foto untuk memperkuat penggambaran.

Hal ini harus dikulik secara serius karena pengunjung wajib mendapatkan sesuatu dari keadaan sebuah desa wisata. Untuk hal-hal terkait destinasi, edukasi, morfologi dan lain-lain secara detail bisa dimasukkan ke dalam artikel khusus tersendiri yang mengulas hal tersebut dengan menambahkan storytelling yang lebih panjang.

Wajib ditambahkan foto pendukung, baik itu tunggal maupun banyak berupa galeri.

Pencapaian

Bisa diisi dengan data-data kunjungan, terutama tokoh-tokoh penting yang berpengaruh, daftar piagam atau penghargaan hasil kejuaraan, pelatihan atau sertifikasi kompetensi organisasi/anggota organisasi dan lain-lain.

Unggulan atau feature

Ulasan detail tentang berbagai produk yang dihasilkan, kegiatan unik atau apapun yang menarik di desa wisata.

Paket Wisata

Berisi penawaran produk wisata yang dikemas dalam satu kesatuan menu jualan. Paket diutamakan mempunyai varian baik dari segi harga, target market, maupun durasi. Bisa ditambahkan foto yang bersifat brosur/pamflet ataupun link ke arah detail keterangan paket maupun link ke pemesanan.

Kontak

Nomor yang bisa dihubungi baik itu kantor sekretariat desa wisata atau bisa nomor layanan yang dipegang oleh anggota yang mempunyai kewenangan. Bisa ditambahkan akun atau link sosial media, website, akun aplikasi chat dan lain-lain.

Tambahan

Deskripsi tentang hal-hal yang sekiranya perlu ditambahkan, sesuai dengan kondisi desa wisata. Beberapa hal diatas juga tidak perlu dituliskan jika sekiranya desa wisata khusus tidak perlu banyak penjabaran atau dengan pertimbangan pembatasan informasi publik tentang desa wisata.

Forkom Bantul

Desa Wisata Kakilangit Mangunan

Desa Wisata Kakilangit merupakan hasil musyawarah mufakat dari tokoh masyarakat yang tergabung dalam wadah kelembagaan KKLPMD. Saat itu pembahasan Desa Wisata dirasa sangat penting melihat perkembangan kepariwisataan terutama di kawasan Bantul timur. Desa Wisata Kakilangit dibentuk pada tanggal 9 Maret 2014 yang merupakan unit kerja dari Organisasi KKLPMD Pedukuhan Mangunan. Nama Kakilangit memiliki makna dan […]

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Karangtengah

Desa Karangtengah merupakan bagian dari Kabupaten Bantul yang masuk di wilayah Kecamatan Imogiri, Dimana Kabupaten Bantul kaya akan wisata alam dan wisata kebudayaan. Kecamatan Imogiri sebagai simbol Gerbang Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Komplek Makam Raja-Raja sebagai salah satu Ikon Pariwisata. Beraneka ragam seni budaya terdapat di Kecamatan Imogiri, Desa Karangtengah salah satu Desa yang mempunyai […]

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Patihan

Desa Wisata Patihan adalah salah satu dari jajaran perkampungan di sisi selatan Jawa, yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepat ditengah-tengah diantara dua sungai besar yakni Opak dan Progo, yang ratusan tahun membawa material vulkanik Gunung Merapi ke Samudra Indonesia, kemudian terhempas ke daratan menjadikan […]

Baca Selengkapnya..