Desa Wisata Jipangan

Desa Wisata Jipangan berawal dari keprihatinan. Jipangan memiliki kekayaan alam, seperti bambu, sungai, lingkungan pedesaan, potensi lokal tetapi belum diolah dengan baik. Pengelola wisata sadar jika potensi tersebut dikelola dengan sungguh-sungguh dan dikemas dengan ide-ide kreatif maka akan jadi paket wisata yang menarik untuk disuguhkan, untuk dikunjungi. Desa Wisata Jipangan didirikan 26 November 2014 dan di canangkan oleh GKR Hemas pada15 Maret 2015. Salah satu keunggulan Dewi Jipangan adalah edukasi aneka jenis kerajinan, yang selama ini menjadi sumber  penghasilan masyarakat. 

Desa Wisata Jipangan (DewiJipang) terletak di Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul. Desa Wisata Jipangan menjadi salah satu sentra kerajinan yang masuk dalam program wisata Kajigelem, Desa Wisata Jipangan mengandalkan kerajinan bambu sebagai daya tarik utamanya. Lokasinya berada tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta atau sekitar 10 km dari KotaYogyakarta.

Produk utama dari Desa Wisata Jipangan ini adalah kipas bambu dimana bahan utama kerangka kipas tersebut adalah dari bambu. Bambu yang digunakan adalah jenis bambu hitam atau bambu wulung yang berserat halus dan tidak memiliki banyak serabut.
Untuk mendapatkan pasokan batang bambu yang dibutuhkan oleh para pengrajin cukup mudah. Hampir seluruh wilayah di Bantul terdapat tanaman bambu. Ini karena sebagian tanah di Bantul merupakan jenis tanah yang lembab sehingga cocok untuk pertumbuhan tanaman bambu.


Setiap harinya, setiap pengrajin mampu membuat 100 – 200 buah kipas sehingga rata-rata perbulan seorang pengrajin bisa membuat sekitar 35000 kipas bambu. Di desa ini memiliki 25 pengrajin kipas sehingga per bulannya akan ada 91.000 buah kipas yang siap dipasarkan. Produk kipas dari Jipangan sendiri sudah dipasarkan ke beberapa daerah di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, dan Bali. Bahkan sekarang sudah memperluas wilayah pemasaran hingga Australia.

Wisata Unggulan

  1. Pelatihan Produksi Kipas Bambu

Dalam kegiatan wisata, Dewijipang menawarkan pelatihan produksi kipas bambu yang dapat dilakukan oleh seluruh kalangan wisatawan. Banyak wisatawan yang tertarik dengan kegiatan ini, karena proses produksinya yang menarik dan juga Handmade. Wisatawan akan mendapatkan pelatihan produksi dari awal hingga siap pakai. Ada beberapa paket yang dapat diambil oleh wisatawan dengan harga yang bersahabat dengan dompet anda.

  1. Bedog River Tubing

Bedog River Tubing merupakan wisata rafting dengan keseruan dan pengalaman yang luar biasa. Wisatawan akan bersusur sungai dengan beberapa titik yang sesuai dengan kesepakatan antara pengelola dan wisatawan. Untuk safety, pengelola sudah menyiapkan perlengkapan untuk dipakai ketika rafting. Biasa wisatawan akan memilih rafting sekitar 1 – 2 jam + photographer untuk mendokumentasikan keseruan ketika rafting.

  1. Melihat Keindahan Grojokan 3 Tingkat

Wisatawan bisa melihat dan berfoto ria di depan grojokan 3 tingkat yang indah. Lokasi grojokan berada bersamaan dengan lokasi start Bedog River Tubing. Grojokan 3 tingkat ini konon merupakan grojokan 3 putri yang asal usulnya dapat wisatawan ketahui ketika datang ke lokasi dan dijelaskan oleh pengelola.

Mulai dari wisata edukasi sampai wisata alam, dewijipang siap melayani wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan ditempat yang masih asri. Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, wisatawan dapat melakukan kegiatan wisata yang nyaman dan aman. Segera reservasi untuk mendapatkan slot pendaftaran, karena terbatasnya slot wisatawan yang diterima per hari nya untuk kenyamanan dan keamanan di masa pandemi Covid-19.

Ade Yulianto

desa wisata bendo

Desa Wisata Bendo

Desa Wisata Bendo terletak di Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Desa Wisata Bendo ini merupakan desa eduwisata berbasis perikanan dan pertanian. Disini wisatawan dapat belajar dan melihat langsung proses bertani, pembuatan genteng dan ukir kayu sekaligus pemijahan ikan.

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Watu Goyang Sebagai Sentra Souvenir Jogja

Watu Goyang merupakan salah satu destinasi wisata Tapak Tilas Sultan Agung yang terletak di Pedukuhan Cempluk, Mangunan, Bantul, Yogyakarta

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Kajii “Kampung Ikan Hias Kadisoro”

Desa Wisata Kadisoro Nyawiji Dadi Siji yang akrab disebut Dewi Kajii, berawal dari dukungan masyarakat yang menginginkan dusun Kadisoro menjadi tempat tujuan wisata yang biasa disebut destinasi wisata berbasis Masyarakat atau Desa Wisata. Termasuk ke dalam wilayah dataran rendah menjadikan masyarakat Dusun Kadisoro mayoritas berprofesi sebagai petani dan pembudidaya. Ikan hias menjadi salah satu andalan […]

Baca Selengkapnya..