Desa Wisata Jipangan (DewiJipang)

Deskripsi Wilayah Jipangan

Menjadi salah satu sentra kerajinan yang masuk dalam program wisata Kajigelem, Desa Wisata Jipangan mengandalkan kerajinan bambu sebagai daya tarik utamanya. Desa Wisata Jipangan atau yang lebih dikenal dengan Dewi Jipang merupakan salah satu dusun yang ada di desa Bangunjiwo, kecamatan Bantul, kabupaten Bantul. Lokasinya berada tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta atau sekitar 10 km dari Kota Yogyakarta.
Produk utama dari Desa Wisata Jipangan ini adalah kipas bambu dimana bahan utama kerangka kipas tersebut adalah dari bambu. Bambu yang digunakan adalah jenis bambu hitam atau bambu wulung yang berserat halus dan tidak memiliki banyak serabut.
Untuk mendapatkan pasokan batang bambu yang dibutuhkan oleh para pengrajin cukup mudah. Hampir seluruh wilayah di Bantul terdapat tanaman bambu. Ini karena sebagian tanah di Bantul merupakan jenis tanah yang lembab sehingga cocok untuk pertumbuhan tanaman bambu.
Setiap harinya, setiap pengrajin mampu membuat 30-40 buah kipas sehingga rata-rata perbulan seorang pengrajin bisa membuat sekitar 1000 kipas bambu. Di desa ini memiliki 25 pengrajin kipas sehingga per bulannya akan ada 25.000 buah kipas yang siap dipasarkan. Produk kipas dari Jipangan sendiri sudah dipasarkan ke beberapa daerah di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, dan Bali. Bahkan sekarang sudah memperluas wilayah pemasaran hingga Australia.
IDENTITAS  DUKUH 
Nama: Suratno
Tempat/tgl lahir: Bantul, 08– 12 – 1972
Pendidikan: SMA Sederajat
Alamat: Jipangan RT 01
TMT: Tahun 2016
   
B.DATA MONOGRAFI:
Luas:
Jumlah R T               : 10 RT
Jumlah Jiwa: 1911 jiwa
Jumlah Laki – laki: 946 jiwa
Jumlah Perempuan: 965 jiwa
Jumlah  KK : 737 jiwa
Jumlah KK Laki – laki: 672 jiwa
Jumlah KK Perempuan: 65 jiwa
   
C. PENDIDIKAN 
Jumlah  TK dan PAUD: 1 buah
Jumlah  SD:  –
Jumlah  SMP:  –
Jumlah SMK:  –
Jumlah  SLB:  –
Jumlah  PKBM:  –
Sekolah  tinggi:  –
   
D. KESEHATAN:
Puskesmas:  –
Posyandu Balita:  1 buah
Posyandu Lansia:  1 buah
   
E. SENI / BUDAYA 
Seni Budaya yang ada di Pedukuhan Jipangan adalah :
1.      Jathilan 
2.      Kethoprak 
3.      Gejog Lesung 
4.      Hadroh 
5.      Karawitan 
   
F.INDUSTRI  DAN  KERAJINAN

Ade Yulianto

Healing – The East of Yogyakarta

I smile because I have survived everything the world has thrown at me. I smile because when I was knocked down, I got back up. Related posts: No related posts.

Baca Selengkapnya..

Pokdarwis Kalurahan Srimartani mendapat Jura 2 dalam Lomba Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Srimartani semakin optimis menjadikan Srimartani sebagai desa wisata setelah berhasil lolos 3 besar dalam seleksi perlombaan Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021. Setelah dinyatakan lolos 3 besar dalam tahapan seleksi administrasi, hari ini (Kamis, 5 Juni 2021) Pokdarwis Srimartani mengikuti tahapan penjurian berupa kunjungan lapangan oleh tim juri dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul […]

Baca Selengkapnya..
ekowisata konservasi

Ekowisata di Tengah Pandemi

Pemberlakuan PPKM Darurat membuat beberapa event ekowisata tak lagi dibuka untuk publik. Goa Cemara salah satunya, destinasi dengan event edukasi konservasi ini tidak menjalankan event release tukik penyu seperti tahun-tahun sebelumnya. Event pada musim migrasi penyu 2021 kali ini hanya dilaksanakan tertutup oleh petugas dan masyarakat pegiat konservasi saja. Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi Penyu Mino […]

Baca Selengkapnya..