Desa Wisata Karangtengah

Desa Karangtengah merupakan bagian dari Kabupaten Bantul yang masuk di wilayah Kecamatan Imogiri, Dimana Kabupaten Bantul kaya akan wisata alam dan wisata kebudayaan. Kecamatan Imogiri sebagai simbol Gerbang Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Komplek Makam Raja-Raja sebagai salah satu Ikon Pariwisata. Beraneka ragam seni budaya terdapat di Kecamatan Imogiri, Desa Karangtengah salah satu Desa yang mempunyai potensi alam yang eksotis, keanekaragaman budaya, banyaknya kerajinan UMKM, masyarakat yang ramah menjadi pendukung keberadaan Desa Wisata. Dengan banyaknya pendukung Potensi potensi desa untuk di jadikan destinasi wisata dengan menggandeng berbagai pihak dengan mengolah potensi alam, potensi budaya dan potensi kerajinan secara maksimal demi kesejahteraan masyarakat Desa karangtengah secara ekonomi dan majunya Desa Karangtengah dari segi infrastruktur dan Pendapatan Asli Desa dengan keberadaan Desa Wisata Karangtengah tanpa merusak keberadaan alam.

  • VISI MISI

VISI

“NOTO DESO KANGGO PARIWISOTO MURIH REJO LAN RAHARJANING BONGSO”

(Menata Desa Untuk Pariwisata Demi Kemakmuran dan Kesejahteraan Bangsa)

MISI

  1. Peningkatan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata
  2. Meningkatan ketrampilan masyarakat
  3. Meningkatkan kreasi masyarakat
  4. Melestarikan budaya bangsa
  5. Melestarikan Sumber daya alam
  • MAKSUD dan TUJUAN

Maksud keberadaan Desa Wisata Karangtengah

Mengekplorasi Potensi kekayaan alam, Budaya, kerajinan UMKM dengan menjadikannya sebagai destinasi wisata dengan tetap menjaga dan melestarikan lingkungan dan budaya.

Tujuan dari Desa Wisata adalah :

  1. Menjadikan Desa Karangtengah lebih maju dan makmur melalui Pariwisata
  2. Meningkatkan SDM dan kesejahteraan masyarakat dari segi ekonomi
  3. Membantu pelaksanaan pembangunan Infrastruktur Desa melalui PADes
  • DATA MONOGRAFI DESA
  • Kondisi Geografis Desa

Desa Karangtengah merupakan bagian dari Kabupaten Bantul diantara 75 Desa yang ada di kabupaten Bantul, dan salah satu dari delapan Desa yang ada di Kecamatan Imogiri.

Mobilitas (jarak tempuh Desa karangtengah sekitar 2 km dari kecamatan Imogiri, 10 Km dari Pemerintah Kabupaten Bantul dan 20 Km dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kondisi geografis yang sebagian merupakan perbukitan menjadikan desa karangtengah memiliki potensi wisata alam yang bagus. Didukung keanekaragaman seni budaya yang ada dan banyaknya UMKM baik kerajinan tangan maupun olahan makanan menjadikan factor pendukung keberadaan Desa wisata.

  1. Luas Wilayah

Luas Desa Karangtengah 2.877,710 Ha yang mana sebagian adalah sultan ground

  1. Batas wilayah

Secara administrasi Desa Karangtengah berbatasan dengan:

  1. Sebelah utara : Desa Girirejo Kecamatan imogiri
  2. Sebelah timur : Desa Mangunan Kecamatan Dlingo
  3. Sebelah selatan : Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri
  4. Sebelah Barat :Desa Kebonagung Kecamatan Imogiri

I. Peta Desa Karangtengah




I. CAKUPAN WILAYAH
Desa karangtengah terdiri dari 6 Pedukuhan, serta 41Rukun Tangga (RT) dengan pembagian wilayah sebagai berikut :
NO
NAMA PEDUKUHAN
JUMLAH RT
DUKUH I
Kemasan
6 RT
DUKUH II
Karangtengah
6 RT
Dukuh III
Puccunggrowong
9 RT
Dukuh IV
Karangrejek
7 RT
Dukuh V
Mojolegi
6 RT
Dukuh VI
Numpukan
7 RT
 
 
 
II. Data Umum Desa (Jumlah Penduduk)
NO
PEDUKUHAN
NAMA DUKUH
JUMLAH KK
JUMLAH PENDUDUK
L
P
JUMLAH
1
Kemasan
Subandiyo
218
417
474
891
2
Karangtengah
Sumardiyono
197
383
429
812
3
Pucunggrowong
Kirmaji
369
649
662
1.311
4
Karangrejek
Tuwandi
339
635
577
1.212
5
Mojolegi
Yasin Taufiq
219
436
432
868
6
Numpukan
Ahmad Pamuji
257
515
511
1.026
 
 
 
1.599
3.035
3.085
6.120
 
III. Spesifiasi Desa
1
Ketinggian tanah
7 Mdpl
2
Curah hujan
2.000 m
3
Topografi / dataran
1.294.970 Ha
4
perbukitan
1.582.740 Ha
5
suhu
23 Sd 36 0C
 
 
A. SEJARAH KEBERADAAN DESA WISATA KARANGTENGAH
Berawal dari kelompok tani penggarap tanah Sultan Ground mendapat bantuan bibit jambu mete dari Gusti Pembayun (Gkr Mangkubumi) sebanyak 3.000 pohon di tahun 2005. Setelah pohon tumbuh besar, yang dulunya perbukitan yang gersang namun sekarang tampak hijau subur, sehingga area tersebut diberi nama “BOEKIT HIJAU”.
Pada saat pertumbuhan pohon jambu mete sebelum berbuah, oleh Gusti Pembayun di beri bibit ulat sutera agar di budidayakan oleh petani penggarap sebelum dapat mengolah hasil panen jambu mete. Ulat sutera yang di ambil kepompongnya mempunyai nilai ekonomis tinggi sebagai bahan pembuat kain sutera. Dengan harapan masyarakat khususnya petani penggarap dapat meningkat taraf kehidupan secara ekonomi dari hasil ulat sutera.dan di saat pohon jambu mete mulai berbuah, petani pemanfaat juga dapat mengolah jambu mete di ambil metenya untuk di jadikan kacang mete yang juga mempunyai nilai ekonomis tinggi.
Di area tersebut oleh Gusti Pembayun di bangunkan Gazebo, Showroom dan laboratorium sebagai pendukung wisata dan lab pengembangan ulat sutera. Gusti Pembayun menggaet berbagai intansi dan pelaku wisata dengan membawa wisatawan baik dari nusantara maupun mancanegara dengan wisata minat khusus yaitu penanaman pohon jambu mete. Banyak wisman jepang dan asean datang untuk melakukan penanaman pohon dan pohon tersebut di beri nama mereka(penanam).
Pada tahun 2007 atas usulan warga Desa Karangtengah bersama Pemerintah Desa Karangtengah kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Desa Karangtengah mendapat pengakuan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul sebagai Desa Wisata Karangtengah.
Pada tahun 2009 Desa Wisata Karangtengah mendapat support dana dari PNPM Pariwisata, dimana dana tersebut digunakan untuk pengembangan Homestay sebagai pendukung keberadaan Desa Wisata.
Berjalannya waktu Desa Wisata Karangtengah bergeliat dan berkembang dengan munculnya kegiatan seni budaya, kegiatan UMKM kerajinan dan olahan makanan.
Pada tahun 2017 berdasar Musyawarah Desa, dilakukan peremajaan pengurus Desa Wisata Karangtengah, dengan SK Lurah Desa Karangtengah No 07 dengan semangat pengurus baru untuk memajukan desa wisata karangtengah, yang mana Desa Wisata Karangtengah menjadi sub bagian atau sub kegiatan BUMDES Karangtengah, maka di bukalah destinasi wisata baru yaitu Bukit Hijau Bike Park (Track Sepeda Downhill skala nasional) dan area camping ground puncak nganjung, yang mana keduanya berada di Area Boekit Hijau Karangtengah.
Di penghujung tahun 2018 untuk pengembangan Pariwisata maka dirintislah destinasi wisata baru yaitu :
 
1. TAMAN DOLANAN
Taman dolanan yang terletak di dusun Pucunggrowong merupakan taman bermain dengan konsep untuk menumbuhkan kembali “dolanan” atau permainan pada zaman dahulu, sebagai taman bermain anak dan keluarga dan juga tempat untuk berkreasi kesenian.
 
2. TAMAN SRUWUH
Taman sruwuh satu area di Boekit Hijau Karangtengah, merupakan sebuah mata air yang terdapat air terjun, sebagai tempat wisata dengan pemandangan alam dan untuk menikmati keindahan terbenamnya matahari.
 
B. INFORMASI UMUM DESA
1. Desa Wisata Karangtengah
2. Alamat :
Desa Karangtengah
Kecamatan Imogiri
Kabupaten Bantul
Daerah Istimewa Yogyakarta
3. Desa Wisata Karangtengah berdiri pada tahun 2006
4. SK penetapan Desa Wisata :
SK Lurah No 5 Tahun 2007
Di perbarui Sk Lurah No 7 Tahun 2017
SK Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul th 2007
5. Contak Person
Nama : Rinto Gunawan
Jabatan : Ketua Desa Wisata
No Hp : 08175425785
Email : Desawisatakarangtengah@gmail.com
 
C. KONDISI 3A
1. Jarak ke Desa Wisata
a. Dari Ibukota Provinsi   : 20 Km/sekitar 1 jam
b. Dari Ibukota Kabupaten : 10 Km/Sekitar 30menit
c. Dari Ibukota Kecamatan : 2 Km / Sekitar10 menit
 
2. POTENSI ATRAKSI DESA WISATA KARANGTENGAH
I. POTENSI ALAM
Ada dua konsep wisata alam yang kami tawarkan dari Desa Wisata Karangtengah yaitu :
 
 
 
1. Area Boekit Hijau
Dengan luas area 55 Ha yang merupakan perbukitan merupakan area wisata yang lengkap dengan berbagai kegiatan wisata diantaranya :
a. Wisata Tanam Pohon
Wisatawan baik nusantara maupun mancanegara kami ajak untuk melakukan penanaman pohon di area yang telah disediaan, baik berupa tanaman jambu mete, tanaman obat-obatan dan tanaman lainnya yang bermanfaat, dengan member nama wisatawan ke pohon yang ditanam, harapannya wisatawan tersebut berkeinginan kembali mengunjungi dan menengok pohon hasil tanamannya.
Penanaman pohon Jambu mete oleh Gubernur DIY beserta Dubes Jepang di dampingi Gkr Pembayun dan Bupati Bantul Drs H. Idam Samawi pada tahun 2005
  1. Wisata sejarah

Di area Boekit hijau petilasan ambarsari dan sekarsari, petilasan watu gedek, watu amben dan watu wedok, dimana di watu wedok terdapat lubang mata air yang tidak pernah kering, konon ceritanya lubang tersebut dibuat oleh Sultan Agung dngan memuulkan tongkatnya ke bebatuan sebagai air minum bagi prajurit prajurit yang menyertai Sultan Agung dalam mencari lokasi Makam Raja-Raja di Imogiri .

  • Camping Ground Bukit Nganjung

Puncak nganjung sebagai area camping ground, dengan panorama perbukitan, di malam hari bila purnama dapat menikmati keindahan bulan, di pagi hari dapat menikmati sunrise, keindahan alam di atas awan, dapat menikmati keindahan kelok sungai oya, dan sunset di sore hari

Saat Sunrise di bukit nganjung

  1. Bukit Hijau Bike Park

Merupakan track sepeda Downhill skala nasional,dengan panjang 1.500 m, wisata minat khusus pesepeda downhill dan berikut terselenggaranya event nasional Indonesian Downhill (IDH) pada tanggal 20-22 April 2018. Yang menarik 200 an pembalap pembalap Downhill kelas nasional dan sejumlah kru yang total lebih dari 700 orang hadir dan sebagian besar menginap di Homestay yang di sediakan oleh warga masyarakat. Dan penonton yang hadir untuk menyaksikan event tersebut yang datang dari berbagai daerah terutama DIY-Jateng.

TAMAN SRUWUH

Taman sruwuh satu area di Boekit Hijau Karangtengah, merupakan sebuah mata air yang terdapat air terjun dan situs pemandian serta legenda watu jaran,watu ondho,watu kursi, sebagai tempat wisata dengan pemandangan alam dan untuk menikmati keindahan terbenamnya matahari.

  1. Wisata Atraksi Kegiatan
  2. Gelar Budaya

Konsep kegiatan tersebut melaksanakan pertunjukan pertunjukan Seni Budaya yang ada di desa karangtengah seluruhnya di tampilkan dalam satu hari satu malam. Secara bergantian dengan di pusatkan di komplek balai Desa.

  1. Hari Jadi Desa Karangtengah

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu setiap tanggal 21 – 23 Desember dalam memperingati hari jadi Desa Karangtengah 23 Desember.

Adapun kegiatan rutin adalah :

  1. Jalan sehat/senam massal
  2. Ziarah makam leluhur
  3. UMKM Expo
  4. Pertunjukan budaya
  5. Qataman Quran & Pengajian
  6. Malam sarasehan
  7. Kirab budaya
  1. Wisata Tani

Konsep wisatawan mengikuti bercocok tanam bersama kelompok tani dan di sore hari terdapat sunset yang sangat indah.

  1. Jalan Utama Desa Karangtengah

Jalan utama Masuk Desa Karangtengah setelah gapura desa menawarkan pemandangan indah dimalam hari, kanan – kiri jalan terdapat pepohonan dan dengan penerangan jalan menjadikannya tampak indah.

  1. ATRAKSI BUDAYA

Terdapat berbagai macam seni budaya yang ada di Desa Karangtengah yang dikonsep dengan melakukan pertunjukan pertunjukan di area Boekit hijau sebagai penarik wisatawan, dan juga di adakannya gelar budaya setahun sekali sebagai penarik minat wisatawan dan juga sekaligus melestarikan Seni budaya, wisatawan tidak hanya diberikan pertunjukan saja, namun wisatan dapat juga belajar seni budaya sesuai dengan pilihan wisatawan.

Kelompok Seni budaya yang ada di Desa karangtengah adalah sebagai berikut:

  1. Seni bregodo keprajuritan “Karangseto”.
  2. Seni jatillan Turonggo Mudo
  3. Seni Gejog Lesung Karangtengah
  4. Seni Gejog Lesung pucunggrowong
  5. Seni gejog lesung srunggan
  6. Seni gejog lesung mojolegi
  7. Seni karawitan translok
  8. Seni hadroh
  9. Seni cokekan
  10. Seni srandul
  11. Seni tari sanggar Laksita mas
  12. Laras madya Karangtengah
  13. Laras madya pucunggrowong
  14. Laras madya karangrejek
  15. Laras madya mojolegi
  16. Seni mudho palupi
  17. Seni Rodad

Seni Bregodo keprajuritan Karangseto

  1. ATRAKSI BUATAN

Ada dua jenis UMKM yaitu UMKM kerajinan tangan dan industry olahan makanan. Dimana wisatawan yang berkunjung di ajak untuk mengenal hasil UMKM Desa Karangtengah, bahkan wisatawan diajak untuk berinteraksi dengan masyarakat, belajar membuat kerajinan baik kerajinan olahan makanan maupun kerajinan tangan

Adapun UMKM Kerajinan tangan yaitu :

  1. Warongko Keris

Kerajinan warongko keris banyak terdapat di Pedukuhan karangrejek dan mojolegi, kerajinan dalam membuat kerangka dan pendo

Kerajinan Rangka Keris

  1. Kerajinan batik tulis pewarna alam

Pengrajin sebanyak 18 orang menekuni kerajinan batik tulis dengan pewarna alam indigovera. Satu batik membutuhkan waktu proses yang lama, sehingga harga bisa di bilang mahal berkisar Rp 500.000/lembar.

  1. Kerajinan bubut kayu

Kerajinan ini membuat berbagai macam pernak pernik yang berbahan kayu, seperti mangkok, piring, tempat hantaran, vas bunga dll. Finishing dengan membatiknya.

  1. Kerajinan tas

Kerajinan tas berbahan bekas(plastik), dengan memanfaatkan bahan limbah plastic di olah menjadi tas yang bernilai jual

  1. UMKM Olahan Makanan

Umkm terkait olahan makanan banyak terdapat di Desa karangtengah diantaranya :

  1. Keripik tempe
  2. Peyek
  3. Ceriping pisang
  4. Krupuk soblem
  5. Bakpia
  6. Jamu tradisional
  • kegiatan desa Desa Wisata di 2019
  • IDH (Indonesian Downhill)

30 – 31 Maret  2019

  • Syadranan 15 sya’ban 2019
  • gelar budaya

Bulan Juli 2018

  • hari jadi desa ke-96
    • Desember 2019
  1. PROMOSI

Pamflet/Brosur



1. Festival/Pameran
a. Mengadakan festival/ Gelar budaya
b. Mengikuti kegiatan festival kesenian baik Di tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi
c. Mengikuti kegiatan pameran pariwisata, UMKM di tinkgat DIY maupun ke Jakarta.
2. Internet
a. Melalui media Medsos Facebook, Whatshapp, Instragam dan youtube melakukan promo kegiatan wisata
b. WEB Desa Karangtengah.bantulkab.cco.id
c. http://indonesiandownhill.ccom/detailpost/76-indonesian-downhill-2018-seri-1-bukit-hijau-bikepark-karangtengah-imogiri-bantul-diy-21-22-april
  1. KELOMPOK SOSIAL KEPARIWISATAAN
NOKELOMPOKJUMLAH KELOMPOKJUMLAH TENAGA KERJAKETERANGAN
1Kelompok sadar wisata125 orang 
2Kelompok pemandu wisata16 orang 
3Komunitas Perantau Karangtengah3421.Komunitas perantau Malaysia2. komunitas perantau Batam3. Komunitas Peranta Jabotabek(Mereka warga Desa Karangtengah yang merantau membantu pemasaran wisata)
 Kelompok sanggar kerajinan378Kelompok kerajinan kerisKelompok kerajinan bubut kayuKelompok kerjaninan batik
 Kelompok Seni budaya42 kelompok892 
 Kelompok makanan khas   
 Kelompok homestay2 kelompok48 rumah 
 Kelompok jasa fotografi15 orang 
 Kelompok Sarana Pendukung wisata lainnya :1.Komunitas Perantau Karangtengah         2.KOPPEL 3.Sentong Jogja4. Samedhi Kelompok Pemandu Outbond   3          1 11  1   42          56 orang 14 orang27 orang 12 orang   1.Komunitas perantau Malaysia2. komunitas perantau Batam3. Komunitas Peranta Jabotabek(Mereka warga Desa Karangtengah yang merantau membantu pemasaran wisata) Komunitas Peduli Pelestari LingkunganKomunitas SeniKomunitas seni 
     
  • DATA STATISTIK DESA WISATA
DATATAHUN 2015TAHUN 2016TAHUN 2017TAHUN 2018
Kunjungan Wisatawan Nusantara7341.3722.12413.316
Kunjungan Wisatawan Mancanegara14094356998
Peningkatan Pendapatan Rata rata masyarakata (dalam bidang usaha pariwisata)500.000700.0001.000.0001.250.000
Peningkatan kas Desa dari PariwisataMasih untuk pengembangan wisata
     
  • DATA DESA WISATA
  • DATA UMUM

Nama : Desa Wisata Karangtengah

Alamat : Karangtengah Imogiri Bantul

  • DATA KUNJUNGAN
NOBULANTahun 2018
WismanWisnusJumlah
1Januari74460534
2February25328353
3Maret42772814
4April1402.4412.581
5Mei829451.027
6Juni1251.0751.200
7Juli951.1801.275
8Agustus1101.2751.375
9September761.4201.496
10Oktober681.3781.446
11November831.0741.157
12Desember789781.056
  99813.31614.314
  • HOMESTAY
NoNAMA PEMILIKALAMATJUMLAH KAMARKAPASITAS KAMAR
1SugitoMojolegi28
2SogiyantoMojolegi39
3JazimahMojolegi412
4AidinMojolegi26
5BarowiMojolegi26
6JazuliMojolegi26
7RohmadMojolegi26
8FahriMojolegi26
9SarkowiMojolegi26
10JumadiMojolegi26
11SamidiMojolegi26
12SurawiMojolegi26
13SaryantoMojolegi26
14ZarkoniMojolegi26
15SutartoMojolegi26
16SujadiMojolegi26
17YasinMojolegi26
18SarjimanMojolegi26
19SubadiKarangtengah26
20KawanKarangtengah26
21EriKarangtengah26
22MujiharjoPucunggrowong26
23MuhadiPucunggrowong26
24SujarwoPucunggrowong26
25SurawiKarangtengah26
26SubagyoPucunggrowong26
27JuweniPucunggrowong26
28JumaniNumpukan26
29DaljiNumpukan26
30WisnuNumpukan26
  • PAKET WISATA
  • PAKET DAKON

Paket Wisata 2 hari 2 malam

Day 1

  • Welcome Drink
  • Sepeda Keliling
  • Kegiatan Membajak Sawah
  • Praktik membuat kuliner
  • Keliling tempat wisata Desa

Day 2

  • Wisata sunrise
  • Bersepeda
  • Taman Dolanan (Permainan Tradisional)
  • Praktik Kerajinan (Batik,Keris,bubut dll)
  • Atraksi Pertunjukan kesenian (Malam Hari)

Harga PAKET A Rp 500.000/orang

  1. Fasilitas Homestay 2 hari-2 malam
  2. Makan 6x
  • PAKET BISDUNG

1 hari – 1 malam

  • Welcome drink
  • Bersepeda/jogging
  • Tanam pohon
  • Praktik Kerajinan/Kuliner UMKM
  • Taman Dolanan (Permainan tradisional
  • Atraksi Kesenian (Malam)

Harga PAKET Bisdung Rp 250.000/orang

  1. Fasilitas Homestay 1 hari-1 malam
  2. Makan 3x
  • Paket Bentik
  • Welcome drink
  • Praktik kerajinan UMKM/Bajak sawah
  • Dolanan tradisional
  • Atraksi kesenian (Minimal 50 orang)

Harga PAKET Bentik Rp 100.000/orang

  1. Fasilitas Homestay Pagi-sore
  2. Makan 1x

PAKET WISATA DAPAT DI PILIH SESUAI KEINGINAN WISATAWAN diantaranya :

  1. Paket Tanam Pohon
  2. Paket Kerajinan UMKM (Membatik, Rangka keris, Bubut kayu dll)
  3. Paket Kerajinan Makanan (Criping pisang, bumbu racik, kripik, peyek, mete, sirup dll)
  4. Bajak sawah
  5. Sepeda keliling
  6. Belajar kesenian (Jatilan, gejog lesung, egrang, karawitan dll)

DESTINASI WISATA

AREA BOEKIT HIJAU KARANGTENGAH

PENGELOLAAN SAMPAH

Pengelolaan Sampah Desa Karangtengah dalam menjaga kebersihan lingkungan

  1. Depo Sampah sebagai TPSS (Tempat pembuangan sampahsementara) sebelum diambil PU untuk dibawa ke TPA piyungan

PASAR KULINER PAGI

Setiap pagi ada pasar tiban di jalan  menuju Bale Desa, buka pukul 05.00 – 08.00. aneka jajanan

Ndeso, Nasi, bubur, sayur, lauk pauk dan makanan lainnya

Dewi Karangtengah

Desa Wisata Kakilangit Mangunan

Desa Wisata Kakilangit merupakan hasil musyawarah mufakat dari tokoh masyarakat yang tergabung dalam wadah kelembagaan KKLPMD. Saat itu pembahasan Desa Wisata dirasa sangat penting melihat perkembangan kepariwisataan terutama di kawasan Bantul timur. Desa Wisata Kakilangit dibentuk pada tanggal 9 Maret 2014 yang merupakan unit kerja dari Organisasi KKLPMD Pedukuhan Mangunan. Nama Kakilangit memiliki makna dan […]

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Patihan

Desa Wisata Patihan adalah salah satu dari jajaran perkampungan di sisi selatan Jawa, yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepat ditengah-tengah diantara dua sungai besar yakni Opak dan Progo, yang ratusan tahun membawa material vulkanik Gunung Merapi ke Samudra Indonesia, kemudian terhempas ke daratan menjadikan […]

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Kajigelem

Sentra Edukasi Kerajinan

Baca Selengkapnya..