Desa Wisata Ngringinan – Ganjuran

Profil Desa Wisata Ngringinan

Desa Wisata Ngringinan terletak di Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Secara geografis, Desa Wisata Ngringinan terletak di pinggir jalur Jalan Raya Yogya – Pantai Samas tepatnya 15 Km arah selatan Kota Yogya serta dekat dengan Gereja dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran sebagai tempat peziarahan bagi umat Katolik. Desa Wisata Ngringinan memiliki 4 keunggulan destinasi yang dapat dinikmati ketika berkunjung, antara lain Museum Bantul Masa Belanda, Oleh-Oleh Madumongso, Homestay, dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran

Museum Bantul Masa Belanda

Museum ini merupakan salah satu daya tarik di Desa Wisata Ngringinan, yang mana terdapat suatu bangunan khusus untuk menyimpan banyak benda, foto dan film dokumenter tentang beberapa peninggalan Belanda di akhir tahun 1800-an dan di awal tahun 1900-an di wilayah Bantul dan sekitarnya.  Di museum ini, wisatawan akan dibawa kembali ke masa lampau, di masa ketika Bantul dan Palbapang pernah menjadi pusat kota dan perekonomian di zaman kolonial. Terdapat beberapa koleksi foto masa colonial, antara lain Pabrik Gula Gondanglipuro Ganjuran yang sangat terkenal, suasana pabrik, suasana perkebunan tebu dan suasana pedesaan tempo dulu; peristiwa monumental peresmian Candi Ganjuran tentang proses peletakan batu pertama sampai peresmiannya; serta peresmian Gereja Ganjuran yang merupakan jejak Katolik Belanda pada tahun 1924. Selain itu, tidak ketinggalan beberapa benda koleksi peninggalan zaman kolonial seperti mata uang, surat, pakaian, dan lain-lain.

Madumongso, Oleh-Oleh Makanan Kesukaan Raja

Madumongso adalah makanan tradisional yang konon diperuntukkan untuk hidangan para raja. Rasanya manis agak sedikit masam, beraroma pandan, terbuat dari tape ketan yang dimasak dengan gula jawa dan  kelapa diatas tungku api selama hampir 4 jam. Wisatawan bisa ikut merasakan sensasi mengaduk adonan tape, enten-enten, santan dan gula jawa diatas tungku api yang apinya harus selalu terjaga.

Madumongso di Ngringinan
Cooking Class Pembuatan Madumongso

Homestay

Untuk mendukung keberadaan desa wisata ini, dilengkapi home stay sebagai bagian pelayanan kami untuk menyediakan tempat beristirahat  yang nyaman dan representatif sekaligus tempat berinteraksi dengan warga masyarakat sekitar sehingga wisatawan bisa merasakan suasana hidup di pedesaan yang sesungguhnya. Tersedia sekitar 20 homestay di Desa Wisata Ngringinan.

Jelajah Wisata Kolonial

Jejak  bangunan peninggalan kolonial Belanda masih bisa ditemukan di sekitar Desa Wisata Ngringinan yang mana beberapa masih terjaga dengan baik, antara lain Stasiun Palbapang, Sumur, Menara Listrik, Sekolah, Pasar, Pabrik Gula Gondanglipuro, serta Gereja dan Candi Ganjuran. Wisatawan akan diajak menyusuri jejak kolonial dan merasakan suasana masa lampau yang menggambarkan betapa hebatnya masa lalu.

Wisata Religi : Candi Ganjuran

Bangunan monumental yang dibangun oleh Keluarga Schmutzer, pengelola dan pemilik Pabrik Gula Gondanglipuro, merupakan destinasi wisata religi paling terkenal saat ini bagi umat Katolik baik di Indonesia maupun dunia.

Desa WIsata Ngringinan
Paket Kunjungan ke Candi Ganjuran

Desa Wisata Ngringinan sudah menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun cair. Selain itu, sebelum memasuki area, pengunjung melakukan pengecekan suhu dengan termogun.

Contact Person Pengelola

  1. Whatsapp 1 : 081325266284
  2. Whatsapp 2 : 081237718181
  3. Email : ngringinandewita@gmail.com

Social Media Partnership

  1. https://instagram.com/madumongsobagaskoro
  2. https://instagram.com/maheswarapudding

Dewi Ngringinan

Desa Wisata Kakilangit Mangunan

Desa Wisata Kakilangit merupakan hasil musyawarah mufakat dari tokoh masyarakat yang tergabung dalam wadah kelembagaan KKLPMD. Saat itu pembahasan Desa Wisata dirasa sangat penting melihat perkembangan kepariwisataan terutama di kawasan Bantul timur. Desa Wisata Kakilangit dibentuk pada tanggal 9 Maret 2014 yang merupakan unit kerja dari Organisasi KKLPMD Pedukuhan Mangunan. Nama Kakilangit memiliki makna dan […]

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Karangtengah

Desa Karangtengah merupakan bagian dari Kabupaten Bantul yang masuk di wilayah Kecamatan Imogiri, Dimana Kabupaten Bantul kaya akan wisata alam dan wisata kebudayaan. Kecamatan Imogiri sebagai simbol Gerbang Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Komplek Makam Raja-Raja sebagai salah satu Ikon Pariwisata. Beraneka ragam seni budaya terdapat di Kecamatan Imogiri, Desa Karangtengah salah satu Desa yang mempunyai […]

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Patihan

Desa Wisata Patihan adalah salah satu dari jajaran perkampungan di sisi selatan Jawa, yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepat ditengah-tengah diantara dua sungai besar yakni Opak dan Progo, yang ratusan tahun membawa material vulkanik Gunung Merapi ke Samudra Indonesia, kemudian terhempas ke daratan menjadikan […]

Baca Selengkapnya..