Desa Wisata Patihan


Desa Wisata Patihan adalah salah satu dari jajaran perkampungan di sisi selatan Jawa, yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suasana Persawahan di Desa Wisata Patihan

Tepat ditengah-tengah diantara dua sungai besar yakni Opak dan Progo, yang ratusan tahun membawa material vulkanik Gunung Merapi ke Samudra Indonesia, kemudian terhempas ke daratan menjadikan lebih dari separuh luasan Patihan adalah pasir yang membentang. 

DEWA PATIH
Tumbuh dan besar dalam kondisi geografis seperti ini menjadikan masyarakat Patihan sebagai survivor yang tahan jaman. Petani dengan garapan lahan gersang, dan nelayan dengan ombak samudra yang tak bisa ditakhlukkan. 

Bentang alam Patihan secara morfologis mempengaruhi dan menjadikan kehidupan Patihan dalam hal sosial, ekonomi, budaya, dan lain-lain menjadi unik, estetik, dan menarik.

Mata pencaharian pokok masyarakat Patihan adalah sebagai petani, nelayan, dan pedagang. Hal-hal mendasar terkait pokok penghidupan tersebut berpadu dengan kearifan lokal Patihan tentang bagaimana bertahan hidup berdampingan dengan alam. Menghasilkan budaya harmonisasi diantaranya adalah giat konservasi di kawasan Patihan dan sekitarnya.

Desa Wisata Patihan Goa Cemara atau DEWA PATIH hadir mengemas, menjadi wadah untuk menerjemahkan. Bahasa-bahasa yang selama ini dibicarakan masyarakat Patihan dengan alam. Menjadi wahana untuk menyampaikan. Agar cerita kearifan tak hanya menjadi kabar, tapi menjadi inspirasi berkesinambungan. Dan pengalaman kehidupan di Patihan akan menjadi kenangan tak terlupakan.

Tukik Penyu Lekang di Pesisir Pantai Goa Cemara Patihan Salah satunya adalah konservasi penyu yang diprakarsai oleh Kelompok Masyarakat Pegiat Konservasi Penyu Mino Raharjo Patihan, bekerjasama dengan Pemerintah Desa Gadingsari, DKP dan BKSDA DIY.

Kampanye positif dari kegiatan konservasi ini kemudian dikemas dalam koridor pariwisata. Diatur dan diawasi langsung oleh Kelompok Sadar Wisata Pantai Goa Cemara dibawah binaan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.


PROTOKOL KESEHATAN

Untuk pelaksanaan kegiatan pariwisata pada masa pandemi, Desa Wisata Patihan Goa Cemara melakukan berbagai upaya pencegahan dan pemenuhan protokol kesehatan terhadap kunjungan. Termasuk dengan pemberlakuan prasyarat berkunjung, kelengkapan fasilitas kesehatan termasuk wastafel dan pos kesehatan, pemeliharaan fasilitas dengan penyemprotan desinfektan dan lain-lain.

Memenuhi standar Pranatan Anyar Plesiran Jogja, Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf, dan pemenuhan vaksinasi bagi seluruh pelaku wisata. 

ATRAKSI DESA WISATA PATIHAN

EDUKASI KONSERVASI PENYU

Kegiatan edukasi konservasi dilaksanakan sebagai bentuk kampanye kelestarian lingkungan dari Pokdarwis Pantai Goa Cemara. Sebagai bentuk dukungan penyebaran informasi terkait pelestarian penyu dari Kelompok Masyarakat Pegiat Konservasi Penyu Mino Raharjo Patihan, Gadingsari. Edukasi ini meliputi latar belakang kegiatan konservasi, tata cara dan pengelolaan konservasi, hukum pelestarian, penanganan penyu pada musim migrasi, penanganan lingkungan dan lain-lain.

JELAJAH PESISIR

Menjelajahi pesisir Patihan dan sekitarnya, mulai dari kawasan wisata, pertanian lahan pasir, konservasi, menara suar, dan lain-lain. Eksplorasi tentang bagaimana terbentuknya daratan pantai Bantul selatan.

Ada beberapa pilihan perjalanan yakni dengan jip offroad, ATV, berkuda, bersepeda, maupun dengan berjalan kaki.

PENANAMAN CEMARA UDANG

Pohon cemara udang menjadi salah satu ikon di Pantai Goa Cemara, tepatnya adalah di seluruh bentang pesisir dusun Patihan. Keberadaan cemara udang menjadi sangat penting dalam menopang pertanian dan wisata, hingga akhirnya menjadi salah satu faktor berkembangnya ekonomi, sosial dan budaya warga masyarakat desa.

Saat ini penanaman cemara menjadi salah satu produk ekowisata, dimana pengunjung diajak mengeksplorasi cemara, mulai dari latar belakang, fungsi, hingga cara penanaman dan perawatan.

Desa Wisata Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul
Fajar Subekti

Fajar Subekti

Because every text is a keyword.

Desa Wisata Kakilangit Mangunan

Desa Wisata Kakilangit merupakan hasil musyawarah mufakat dari tokoh masyarakat yang tergabung dalam wadah kelembagaan KKLPMD. Saat itu pembahasan Desa Wisata dirasa sangat penting melihat perkembangan kepariwisataan terutama di kawasan Bantul timur. Desa Wisata Kakilangit dibentuk pada tanggal 9 Maret 2014 yang merupakan unit kerja dari Organisasi KKLPMD Pedukuhan Mangunan. Nama Kakilangit memiliki makna dan […]

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Karangtengah

Desa Karangtengah merupakan bagian dari Kabupaten Bantul yang masuk di wilayah Kecamatan Imogiri, Dimana Kabupaten Bantul kaya akan wisata alam dan wisata kebudayaan. Kecamatan Imogiri sebagai simbol Gerbang Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Komplek Makam Raja-Raja sebagai salah satu Ikon Pariwisata. Beraneka ragam seni budaya terdapat di Kecamatan Imogiri, Desa Karangtengah salah satu Desa yang mempunyai […]

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Kajigelem

Sentra Edukasi Kerajinan

Baca Selengkapnya..