Desa Wisata Tembi

Tembi merupakan salah satu dari 16 pedukuhan di desa Timbulharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya, dusun Tembi berada di jalan Parangtritis Km 8,5. Luas wilayah Tembi adalah ± 81 Ha, dengan 60 Ha area persawahan dan 24 Ha area pemukiman. Pedukuhan yang mempunyai area persawahan yang luas ini terdiri dari 8 RT dengan 278 KK ( kepala keluarga ) dari jumlah penduduk 866 jiwa yang terdiri dari 417 laki-laki dan 449 perempuan. Mata pencaharian penduduk mayoritas adalah buruh dan petani sebesar 60%, wiraswasta dan pariwisata 35%, PNS 3% dan ABRI 2%. Masyarakat Tembi lebih dari 95% menganut agama Islam.

Daya Tarik Wisata Alam

Desa wisata Tembi mempunyai kondisi alam yang cukup asri dan hijau . Dari dua pintu masuk, sudah terlihat pemandangan yang sangat kental dengan nuansa desa. Area persawahan yang luas terlihat hijau, serta pepohonan disela-sela rumah penduduk yang memberi kesan teduh, adem, dan ayem. Banyak rumah joglo atau limasan yang mempunyai halaman yang lapang dan tetap dibiarkan apa adanya, namun ada yang memang disiapakan untuk homestay, Sawah dan sungai mengelilingi dusun Tembi sehingga semakin memberi kesan pedesaan kondisi alam seperti ini yang banyak disukai para wisatawan baik domestik atau mancanegara.

Sejarah Desa Wisata Tembi

Setiap tempat atau wilayah pasti punya cerita tersendiri tentang awal mula  munculnya wilayah tersebut yang merupakan cerita rakyat turun temurun tapi bukan sejarah yaitu mitos karena tidak ada bukti yang ada. Begitu juga dengan wilayah dusun Tembi. Di Tembi, terdapat beberapa versi mengenai asal mula dusun Tembi yang menjadi potensi wisata yaitu :

  • Tempat Penitipan Anak-anak Raja Dahulu Tembi merupakan tempat bagi para penitipan anak-anak raja (tempat untuk momong para anak-anak raja tersebut), sehingga terdapat kepercayaan di warga sekitar bahwa orang-orang yang datang ke Tembi dan menginap di Tembi akan menjadi sukses seperti “raja”
  • Tempat Peristirahatan para Abdi Dalem Kraton Pada dahulu kala, terdapat Abdi Dalem Kraton Kasunanan Solo yang bermaksud menuju Imogiri (Makam Raja-raja Kerajaan Mataram di daerah Bantul – di sebelah timur daerah Tembi). Entah mengapa, Abdi Dalem tersebut nyasar menuju Tembi dan pikulan dari Abdi Dalem Kraton tersebut patah sehingga memutuskan utk tidak kembali ke Kraton.
  • Kekeliruan Tempat Pemakaman Abdi Dalem Kraton Menurut versi ini, ada seorang Abdi Dalem Kraton yang meninggal dan minta dimakamkan di desa Srembi, namun keliru dan malah dimakamkan di dusun Tembi. Abdi Dalem tersebut bernama Pangeran Teposono (Pangeran Diposono).

Kontak kami

Email : tembidesawisata@gmail.com

081392133205 (Bpk. Dawud Subroto)

Desa Wisata Tembi

desa wisata bendo

Desa Wisata Bendo

Desa Wisata Bendo terletak di Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Desa Wisata Bendo ini merupakan desa eduwisata berbasis perikanan dan pertanian. Disini wisatawan dapat belajar dan melihat langsung proses bertani, pembuatan genteng dan ukir kayu sekaligus pemijahan ikan.

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Watu Goyang Sebagai Sentra Souvenir Jogja

Watu Goyang merupakan salah satu destinasi wisata Tapak Tilas Sultan Agung yang terletak di Pedukuhan Cempluk, Mangunan, Bantul, Yogyakarta

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Kajii “Kampung Ikan Hias Kadisoro”

Desa Wisata Kadisoro Nyawiji Dadi Siji yang akrab disebut Dewi Kajii, berawal dari dukungan masyarakat yang menginginkan dusun Kadisoro menjadi tempat tujuan wisata yang biasa disebut destinasi wisata berbasis Masyarakat atau Desa Wisata. Termasuk ke dalam wilayah dataran rendah menjadikan masyarakat Dusun Kadisoro mayoritas berprofesi sebagai petani dan pembudidaya. Ikan hias menjadi salah satu andalan […]

Baca Selengkapnya..