Desa Wisata Kalakijo

1. INFO GEOGRAFIS

            Desawisata Kalakijo terletak di Desa Kalakijo, Kalakijo sendiri masih termasuk di Kelurahan Guwosari dalam lingkup Kecamatan Pajangan dan masih dalam lingkup Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. LEGAL

  • Desawisata Kalakijo sudah secara resmi menjadi sebuah desawisata dan telah terdaftar di Dinas Pariwisata Bantul.
  • Desawisata Kalakijo juga sudah secara resmi diangkat menjadi sebuah desa dengan nama “Desa Ingkung”.

3. AKSES

            Akses untuk menuju ke Desawisata Kalakijo tidaklah sulit dan dengan medan tempuh yang tergolong mudah. Hanya perlu menempuh waktu kurang lebih 40 menit sampai 60 menit dari pusat kota Yogyakarta dengan kendaraan darat.

            Jika kita mengambil arah dari pusat kota Yogyakarta yaitu Malioboro, kita perlu mengambil arah ke selatan menuju ke Bantul. Dari Masjid Agung Manunggal Bantul mengambil ke arah Barat menuju ke Lapas Pajangan dan berbelok arah ke selatan. Desawisata Kalakijo berada di sebelah barat Jalan Rutan Pajangan.

4. SEJARAH

            Desawisata Kalakijo dikenal dengan desa kuliner ingkung yang diburu oleh banyak wisatawan. Namun, belum banyak yang tau, bagaimana sejarah terbentuknya desawisata dengan kuliner ingkung yang khas ini.

            Sekitar tahun 2014 berdiri satu rumah makan di Desa Kalakijo dengan menu utama “ingkung”. Rumah makan tersebut dikelola pribadi oleh Bapak Sigit dengan nama “Ingkung Omah Duwur” yang terletak di tepi barat Jalan Rutan Pajangan.

            Beberapa tahun berlalu, timbul sebuah ide di benak Dukuh Kalakijo yang menjabat saat itu, Bapak Sareh Sapardi, untuk membuat rumah makan dengan menu utama “ingkung” yang dikelola oleh masyarakat sekitar khususnya di Desa Kalakijo ini.

            Bapak Sareh Sapardi kemudian membuat sebuah kerja sama dengan Organisasi Hozizora. Hozizora adalah sebuah organisasi yang dibuat oleh Mbak Meiga untuk menekan pendidikan khususnya di wilayah Bantul. Kemudian diadakanlah survey untuk menentukan lokasi yang tepat untuk pembangunan Desawisata Kalakijo ini. Terpilihlah tanah yang saat ini menjadi “Warung Ingkung Kuali 1” untuk menjadi awal terbentuknya Desawisata saat itu.

            Pada tahun 2017 dibangunlah tempat kemah dan wisata outbond di Desawisata untuk menunjang potensi Desa Kalakijo saat itu. Setelah pembangunan berjalan dan selesai, dibukalah paket wisata outbond dan kemah Desawisata Kalakijo. Pada tahun 2018, Ingkung Kuali 1 membuka cabang yaitu Ingkung Kuali 2 yang beroperasi di dalam hotel dan dikelola oleh Mbak Meiga. Kemudian dibuka kembali Ingkung kuali 3 yang diberi nama “Ingkung Gotong Royong” yang bertempat di timur gapura Kalakijo. Tak sampai disitu saja, Ingkung Kuali kemudian membuka cabang yang ke 4 bernama “Ingkung Kuali 4”.

Hingga saat ini Desawisata Kalakijo memiliki 8 rumah makan bermenu utama ingkung dan belum termasuk wilayah sekitar Desawisata Kalakijo, sehingga bisa dibilang tempat kami adalah sentra untuk kuliner khas jogja yang satu ini.

Desa Wisata Kalakijo - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta
Keterangan : Diambil dari Visitingjogja

5. ASET DAN FASILITAS LAYANAN

  • Bambu Hall
  • Tempat kemah
  • Outbond yang seru
  • Homestay yang nyaman
  • Parkiran yang luas
  • Toilet yang bersih
  • Melakukan protokol kesehatan
  • Seni dan budaya
Desa Wisata Kalakijo - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta
Keterangan : diambil dari Visitingjogja

6. KONDISI DAN KEADAAN

            Mengenai kondisi serta keadaannya, Desawisata Kalakijo menawarkan kuliner dengan cita rasa khas desa dengan pepohonan rindang yang bisa kita lihat di kanan dan kiri kita. Pepohonan yang rindang serta sejuk menambah suasana hati yang gembira ketika kita berwisata di Desawisata Kalakijo.

7. PAKET WISATA

  1. Paket wisata kuliner
  2. Paket wisata outbond
  3. Paket wisata kemah/live in
  4. Dolan sawah
  5. Tracking jelajah desa sepeda
  6. Track downhill
  7. Tracking jelajah desa grobag sapi

8. KONTAK

9. TAMBAHAN

Dewi Kalakijo

desa wisata bendo

Desa Wisata Bendo

Desa Wisata Bendo terletak di Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Desa Wisata Bendo ini merupakan desa eduwisata berbasis perikanan dan pertanian. Disini wisatawan dapat belajar dan melihat langsung proses bertani, pembuatan genteng dan ukir kayu sekaligus pemijahan ikan.

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Watu Goyang Sebagai Sentra Souvenir Jogja

Watu Goyang merupakan salah satu destinasi wisata Tapak Tilas Sultan Agung yang terletak di Pedukuhan Cempluk, Mangunan, Bantul, Yogyakarta

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Kajii “Kampung Ikan Hias Kadisoro”

Desa Wisata Kadisoro Nyawiji Dadi Siji yang akrab disebut Dewi Kajii, berawal dari dukungan masyarakat yang menginginkan dusun Kadisoro menjadi tempat tujuan wisata yang biasa disebut destinasi wisata berbasis Masyarakat atau Desa Wisata. Termasuk ke dalam wilayah dataran rendah menjadikan masyarakat Dusun Kadisoro mayoritas berprofesi sebagai petani dan pembudidaya. Ikan hias menjadi salah satu andalan […]

Baca Selengkapnya..