Goa Cemara Menuju Kampung Wisata Tangguh

Dalam tajuk Goa Cemara Wisata Tangguh 2021, Desa Wisata Goa Cemara melakukan berbagai kegiatan esa wisata saat ini menjadi salah satu potensi wisata yang cukup menjanjikan di kawasan Bantul. Banyak desa yang mulai memperindah diri agar mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya adalah Desa Wisata Goa Cemara. Desa Wisata Goa Cemara terletak di Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota sekitar 30 km. Secara geografis memang Desa Wisata Goa Cemara ini berupa kawasan pesisir.

Namun hanya kurang lebih sepertiganya saja yang digunakan sebagai pemukiman penduduk. Sisanya digunakan untuk kawasan pertanian dan wisata pantai yang dijadikan unggulan. Daya tarik dari Dusun Patihan tentunya adalah keberadaan Pantai Goa Cemara yang menawarkan wisata pantai dengan suasana yang unik. Pantai ini menawarkan wisata pantai ‘teduh’ dengan deretan pohon cemara yang membuat suasana menjadi teduh dan berbeda dari pantai kebanyakan yang panas.

Kampung Wisata Tangguh merupakan program dari Kepolisian Republik Indonesia untuk menangani Covid-19 dan ini diharapkan mampu memiliki kemandirian di segala sektor ekonomi pertanian dan pariwisata, dengan menitikberatkan pada sektor pariwisata sebagai sektor utama. Kampung Wisata Tangguh adalah program dari Kepolisian Republik Indonesia bidang DITPAMOBVIT ( Direktur Pengamanan Obyek Vital).

Desa Wisata Goa Cemara dalam menuju Kampung Wisata Tangguh telah menyiapkan diri untuk menyambut wisatawan dengan menerapkan standarisasi protokol Kesehatan. Salah satu kesiapan dalam menjamin wisatawan di Desa Wisata Goa Cemara adalah terbitnya Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf. Sertifikasi CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

tukik penyu di rumah konservasi

Desa Wisata Goa Cemara memiliki beberapa potensi yang bisa ditawarkan kepada calon wisatawan yang akan berkunjung. Salah satu potensi Desa Wisata Goa Cemara yang populer adalah Konservasi penyu. Selain wisatawan menikmati indahnya pantai di bawah teduhnya pohon cemara, wisatawan juga bisa menikmati wisata edukasi di Konservasi Penyu Goa Cemara. Desa Wisata Goa Cemara juga memiliki hasil bumi berupa ubi yang bisa dijadikan sebagai Buah tangan/oleh-oleh bagi para wisatawan.

Dari berbagai potensi yang ada dan standarisasi protokol Kesehatan yang tersertifikasi Desa Wisata Goa Cemara siap menuju Kampung Wisata Tangguh.

Dian Fredi

One thought on “Goa Cemara Menuju Kampung Wisata Tangguh”

  1. Ping-balik: Desa Wisata Patihan -

Comments are closed.

Jangan Ngaku Traveller Sejati Kalo Belum Singgah di Tempat Ini

Apakah kamu orang yang suka jalan-jalan kesana kemari menjelajahi indahnya bumi pertiwi ini? Yap, bahasa gaulnya adalah traveller. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan berjuta wisata, khususnya di provinsi Yogyakarta yang memiliki berbagai destinasi wisata. Ketika kita mendengar kata Yogyakarta pasti yang terlintas dipikiran kita adalah Malioboro. Tapi tahukah kamu bahwa sekarang banyak wisata-wisata […]

Baca Selengkapnya..

Healing – The East of Yogyakarta

I smile because I have survived everything the world has thrown at me. I smile because when I was knocked down, I got back up. Related posts: No related posts.

Baca Selengkapnya..

Pokdarwis Kalurahan Srimartani mendapat Jura 2 dalam Lomba Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Srimartani semakin optimis menjadikan Srimartani sebagai desa wisata setelah berhasil lolos 3 besar dalam seleksi perlombaan Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021. Setelah dinyatakan lolos 3 besar dalam tahapan seleksi administrasi, hari ini (Kamis, 5 Juni 2021) Pokdarwis Srimartani mengikuti tahapan penjurian berupa kunjungan lapangan oleh tim juri dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul […]

Baca Selengkapnya..