Kasongan

Kasongan (Sentra Kerajinan Gerabah)

Kabupaten Bantul dikenal sebagai pusat kerajinan di Provinsi D.I. Yogyakarta. Banyak UKM-UKM di Bantul yang bergerak di bidang kerajinan. Salah satu yang menjadi ikon hasil kerajinan kabupaten Bantul adalah gerabah yang sentranya berada di Kasongan.

Kasongan merupakan suatu sentra industri kerajinan gerabah/keramik yang saat ini sudah merupakan asset daerah, dengan pangsa pasar telah merambah ke pasar eksport. Kasongan merupakan desa wisata, tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestic, tetapi juga wisatawan mancanegara. Sebagai kawasan wisata kerajinan tentu saja membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai bagi kepentingan pengembangan kawasan tersebut.

Akses

Kasongan secara administratif berada di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau berjarak kurang lebih 7 km ke arah selatan Kota Yogyakarta. Sangat mudah untuk mengunjungi Kasongan. Dari Jalan Bantul terus ke selatan sampai bertemu gerbang Kasongan berupa gapura besar yang diapit dua patung kuda. Di sepanjang jalan, akan banyak ditemukan showroom-showroom yang memamerkan beragam hasil kerajinan dari gerabah, seperti keramik guci, pot bunga, terra cotta, air mancur, patung Buddha dan kerajinan gerabah lainnya.

Sejarah

Sejarah Kasongan bermula dari matinya seekor kuda milik reserse Belanda di tanah milik seorang warga, karena takut dijatuhi hukuman oleh Belanda yang saat itu tengah menjajah Indonesia, ia pun merelakan kepemilikan hak tanahnya dan aksinya itu diikuti oleh beberapa warga yang juga merelakan kepemilikan hak tanah mereka. Pada akhirnya, sejumlah tanah tersebut diambil alih oleh warga desa lain. Penduduk lain yang tidak memiliki tanah akhirnya memulai kegiatan baru yaitu mengolah tanah liat menjadi mainan dan peralatan dapur.

Destinasi Kasongan

Kasongan merupakan suatu sentra industri kerajinan gerabah/keramik yang saat ini sudah merupakan asset daerah, dengan pangsa pasar telah merambah ke pasar eksport. Kasongan merupakan desa wisata, tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestic, tetapi juga wisatawan mancanegara. Sebagai kawasan wisata kerajinan tentu saja membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai bagi kepentingan pengembangan kawasan tersebut.

Lokasi

Kasongan secara administratif berada di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau berjarak kurang lebih 7 km ke arah selatan Kota Yogyakarta. Sangat mudah untuk mengunjungi Kasongan. Dari Jalan Bantul terus ke selatan sampai bertemu gerbang Kasongan berupa gapura besar yang diapit dua patung kuda.

Fasilitas

Kasongan terus berkembang dari waktu ke waktu. Desa wisata ini telah menarik minat banyak wisatawan. Fasilitas yang ditawarkan pun beragam, diantaranya area parkir, mushola, toilet, penginapan, tempat makan, tempat oleh-oleh dan tempat belajar/edukasi kerajinan gerabah.

Jam Buka

Desa Wisata Kasongan buka mulai pukul 09.00 – 21.00 dan buka setiap hari. Apabila datang kesini saat sore hari, biasanya anda dapat belajar membuat kerajinan gerabah dengan santai tanpa harus memikirkan pengunjung lain yang baru datang. Selain itu, anda juga bisa belanja gerabah sepuasnya dengan harga yang dipatok murah karena anda membeli langsung dari produsennya.

Harga Tiket

Berbicara harga tiket, Desa Wisata Kasongan tidak menarik harga tiket kepada wisatawan jika dating kesini. Apabila datang ke tempat ini, anda hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 hingga Rp10.000 saja. Namun jika Anda ingin ikut belajar membuat gerabah sendiri, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000 saja. Hasil gerabah yang Anda buat pun bisa dibawa pulang. Jadiiii…. Anda dapat belajar dan membawa hasil karya anda sendiri ke rumah. W O W sekali kannn..

Ade Yulianto

One thought on “Kasongan”

Comments are closed.

Binakarya Homestay, Tempat Favorit Makrab Mahasiswa Jogja

Tempat makrab di Jogja sudah banyak bahkan tak terhitung jumlahnya, disini kami akan memberikan informasi bagi sobat mahasiswa jogja yang ingin mengadakan acara makrab dengan fasilitas lengkap dan harga terjangkau, dan lokasi tidak terlalu jauh dengan kota Yogyakarta. Binakarya Homestay adalah merupakan sebuah homestay yang terletak di Dusun Ngelosari Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul […]

Baca Selengkapnya..
puspita batik indigo

Puspita Batik Indigo Dewisaba

Salah satu produk unggulan pariwisata Dewisaba adalah atraksi di Puspita Batik Indigo. Kita bahas satu persatu. Indigo merupakan zat warna biru yang didapatkan dari tanaman yang dengan nama latin Indigofera sp. Pada masa penjajahan, indigo merupakan salah satu komoditi ekspor penting pemerintah Hindia Belanda selain kopi, tebu, teh dan rempah-rempah. Kebijakan “cultuurstelsel” diimplementasikan oleh Gubernur Jendral […]

Baca Selengkapnya..
taman jogo bendung

Taman Jogo Bendung

Di Desa Wisata Bendo ada Taman Jogo Bendung. Terdapat Taman Kuliner yang Menyediakan berbagai menu masakan (Bubur Sore,Nasi Rames,Soto,Mie Ayam,Nasi Goreng,Bakmi Goreng dll) Selain Kulineran juga bisa untuk Wisata Sepeda yang Rute nya dekat dengan lokasi Wisata yang lain. Diantaranya Embung Imogiri 1,Makam Seniman,Makam Raja Imogiri, joglo Opak,Bakso Tumpeng Dll Related posts: No related posts.

Baca Selengkapnya..