Kyai Song The Legend of Kasongan

Sejarah perkembangan industri gerabah di desa Kasongan, berawal dari masa penjajahan colonial dimana pada masa itu berawal dari Pangeran Diponegoro ditangkap dan diasingkan ke Makasar. Kehidupan penduduk pun mulai sengsara karena hasil tani dirampas oleh para penjajah. Salah satu pengikut Pangeran Diponegoro merasa sedih karena hal tersebut yakni seorang yang bernama Abdullah Rouke atau sering dikenal Kyai Song.

Kyai Song mencoba mengajak penduduk setempat untuk tidak lagi bercocok tanam tetapi mencoba mengolah tanah liat yang ada di desa ini untuk dijadikan kerajinan gerabah. Awalnya gerabah berupa alat kebutuhan sehari-hari seperti kuali, anglo, dan keren. Beliau sangat ulet mengajari masyarakat untuk membuat gerabah dan karena keberhasilan Kyai Song wilayah ini disebut sebagai Desa Kasongan. Makam Kyai Song juga berada diwilayah ini.

               Perkembangan gerabah Kasongan sangat pesat sampai dengan saat ini yang dulunya hanya berupa alat kebutuhan sehari-hari kini berkembang kearah nilai seni seperti patung, gucci, pot dan lain sebagainya. Kini produk gerabah Kasongan sudah merambah ke mancanegara dan nama Kasongan pun menjadi besar dengan keberhasilan ini. Kajigelem merupakan suatu wadah potensi di Bangunjiwo KA-Kasongan, JI-Jipangan, GE-Gendeng, LEM-Lemahdadi. Kajigelem menawarkan ataupun menyediakan paket wisata edukasi yang memberikan pengalaman langsung membuat gerabah Kasongan dengan tutor yang sudah mengusai dalam pembuatan gerabah.

Informasi Lebih Lanjut :

WA : wa.me/6281328431269 IG : www.instagram.com/desa.kajigelem/ WEB : www.wisata-kajigelem.com

Dewi Kajigelem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan Ngaku Traveller Sejati Kalo Belum Singgah di Tempat Ini

Apakah kamu orang yang suka jalan-jalan kesana kemari menjelajahi indahnya bumi pertiwi ini? Yap, bahasa gaulnya adalah traveller. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan berjuta wisata, khususnya di provinsi Yogyakarta yang memiliki berbagai destinasi wisata. Ketika kita mendengar kata Yogyakarta pasti yang terlintas dipikiran kita adalah Malioboro. Tapi tahukah kamu bahwa sekarang banyak wisata-wisata […]

Baca Selengkapnya..

Healing – The East of Yogyakarta

I smile because I have survived everything the world has thrown at me. I smile because when I was knocked down, I got back up. Related posts: No related posts.

Baca Selengkapnya..

Pokdarwis Kalurahan Srimartani mendapat Jura 2 dalam Lomba Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Srimartani semakin optimis menjadikan Srimartani sebagai desa wisata setelah berhasil lolos 3 besar dalam seleksi perlombaan Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021. Setelah dinyatakan lolos 3 besar dalam tahapan seleksi administrasi, hari ini (Kamis, 5 Juni 2021) Pokdarwis Srimartani mengikuti tahapan penjurian berupa kunjungan lapangan oleh tim juri dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul […]

Baca Selengkapnya..