Lemahdadi

Sentra Kerajinan Patung

Desa Wisata Lemahdadi merupakan sentra industri kerajinan patung batu ( pahat dan cetak ) dengan skala pasar telah menjangkau pasar eksport.  Dalam satu bulan rata – rata mampu mengeksport  8 – 9 kontainer kepasar luar negeri ( Eropa , Australia , Amerika , Timur Tengah ).

Lokasi

Desa Wisata Lemahdadi terletak di Dusun Lemahdadi, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta. Dari perempatan balai desa Bangunjiwo ambil arah ke utara sekitar 500m hingga menemukan pertigaan tugu lilin, anda belok kiri atau kearah barat dengan jalan menanjak sejauh 1 km, dan anda akan menjumpai patung relief ukuran sedang dengan bingkai warna hijau yang bertuliskan sentra kerajinan Lemahdadi.

Sejarah

Awal mula terciptanya industri kerajinan Patung Batu di Lemahdadi tidak lepas dari peran penting para pelopornya, Bapak Sugiman dan Bapak Budi Mulyono. Bapak Sugiman adalah penduduk asli dusun Lemahdadi, sedangkan Bapak Budi adalah pendatang yang sudah lama hidup di dusun tersebut. Mereka dapat dikatakan sebagai para pendiri Kerajinan Patung Batu dan juga yang paling awal membangun tempat produksi atau bengkel seni Patung Batu di Lemahdadi.

Dahulu, Bapak Sugiman dan Budi Mulyono adalah buruh pengrajin patung batu di daerah Muntilan, Magelang. Di tempat inilah, sembari mereka bekerja, mereka juga sedikit demi sedikit mempelajari seluk beluk kerajinan ini, mulai dari pemilihan bahan baku, proses pembuatan patung, hingga teknik pemasaran dan manajemen.

Produk Utama

Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi, Patung Budha adalah patung yang paling banyak dipesan para pembeli. Maka dari itu, banyak ditemui patung budha dalam berbagai macam bentuk, seperti buddha bertapa, buddha tidur, dan pose-pose lain. Ukurannya pun beraneka ragam. Mulai dari yang paling kecil, seukuran tangan manusia, sampai yang tingginya hampir sama dengan atap rumah.

Ade Yulianto

One thought on “Lemahdadi”

Comments are closed.

Jangan Ngaku Traveller Sejati Kalo Belum Singgah di Tempat Ini

Apakah kamu orang yang suka jalan-jalan kesana kemari menjelajahi indahnya bumi pertiwi ini? Yap, bahasa gaulnya adalah traveller. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan berjuta wisata, khususnya di provinsi Yogyakarta yang memiliki berbagai destinasi wisata. Ketika kita mendengar kata Yogyakarta pasti yang terlintas dipikiran kita adalah Malioboro. Tapi tahukah kamu bahwa sekarang banyak wisata-wisata […]

Baca Selengkapnya..

Menguak Kisah Mistis dibalik Eksotisme Jurang Pulosari

Jurang Pulosari di Desa Wisata Krebet memiliki daya tarik tersendiri, selain keindahannya juga terdapat salah satu kisah yang melegenda di kalangan warga, salah satu media telivisi Trans Tujuh pernah meliput dalam tayangan Dua Dunia. Kisah tersebut menceritakan tentang sepasang burung merpati yang konon mendiami tempat wisata tersebut, yang dimana ada seorang anak yang ingin menangkap […]

Baca Selengkapnya..

Jagalan Tlisih, Melihat disetiap Sudut-Sudut Desa Jagalan

Bernostalgia pada masa kehidupan masyarakat di kerajaan mataram dengan bagunan kuno yang masih berdiri dengan kokoh ditambah dengan adat istiadat yang masih kental itulah sedikit deskripsi di Desa Wisata Jagalan. Pada masa kerajaan mataram rumah menunjukan strata masyarakat yang ada pada masa itu tak heran jika  setiap rumah adat yang ada mengandung makna. Desa Wisata […]

Baca Selengkapnya..