Menggaet Wisatawan Dengan Ikan Hias

Desa Wisata Kadisoro

Desa Wisata Kadisoro , Bantul, DI Yogyakarta pada tanggal 21-27 September 2020 nampak berbeda. Banyak spanduk dan bendera terpajang menyambut pengunjung yang datang. Kontes Guppy Kadisoro ini merupakan agenda Dewi Kajii, Mina Muda Sejahtera bersama Jogja Fancy Guppy untuk menggaet wisatawan berkunjung.

Kontes ini bermula dari dampak Covid 19 yang membuat sektor pariwisata lesu, himbuan dari pemerintah untuk tetap berada di rumah membuat orang tidak berpergian. Maka dari ini diperlukan strategi agar wisatawan tetap dapat berkunjung yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan.

Mengambil tema “Bersama Ikan Hias Kuatkan Ekonomi Rakyat.” agenda ini harapannya dapat menguatkan ekonomi masyarakat sekitar menghadapi dampak Pandemi Covid 19. Serangkaian acara yang digelar dalam Kontes Guppy Kadisoro ini mulai dari bursa ikan hias, workshop, dan kontes guppy yang memperebutkan Piala Bupati Bantul

Bursa Ikan Hias, Workshop, Kontes Guppy

Bursa ikan hias menjual ikan hasil budidaya masyarakat Kadisoro sendiri. Ada berbagai jenis mulai dari guppy, cupang, peacock bass, manfish, rainbow, dan sebagainya. Workshop pemasaran ikan hias ini untuk masyarakat umum dan pada khususnya pembudidaya ikan di Kadisoro. Penyampaian materi ini harapannya dapat membantu pembudidaya dalam meningkatkan penjualan hasil budidayanya.  

Kontes Guppy Kadisoro yang digelar tanggal 27 September 2020 di Desa Wisata Kadisoro merupakan puncak acara dan telah sukses dilaksanakan. Ada 15 kelas yang dilombakan dari berbagai jenis dengan jumlah ikan kontes sebanyak 788 ekor guppy. Jumlah ini jauh melebihi target dari panitia bahkan banyak peserta kontes guppy yang “kecelik” karena tidak dapat mendaftarkan ikannya.

Peserta yang hadir tidak hanya dari Yogya tapi juga dari berbagai daerah di Nusantara, seperti Cilacap, Temanggung, Solo, Jakarta, Semarang, Cirebon, dan lainnya. Tak heran jika event ini boleh dibilang event nasional.

Menurut Gema selaku koordinator dalam Kontes Guppy Kadisoro, agenda ini rencananya akan dilakukan secara rutin tiap tahunnya. Ini akan mendukung eksitensi Desa Wisata Kadisoro dalam menuju Kampung Wisata Ikan Hias. Sampai Jumpa Di Kontes Guppy Kadisoro 2021.

Dewi Kajii

One thought on “Menggaet Wisatawan Dengan Ikan Hias”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Healing – The East of Yogyakarta

I smile because I have survived everything the world has thrown at me. I smile because when I was knocked down, I got back up. Related posts: No related posts.

Baca Selengkapnya..

Pokdarwis Kalurahan Srimartani mendapat Jura 2 dalam Lomba Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Srimartani semakin optimis menjadikan Srimartani sebagai desa wisata setelah berhasil lolos 3 besar dalam seleksi perlombaan Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021. Setelah dinyatakan lolos 3 besar dalam tahapan seleksi administrasi, hari ini (Kamis, 5 Juni 2021) Pokdarwis Srimartani mengikuti tahapan penjurian berupa kunjungan lapangan oleh tim juri dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul […]

Baca Selengkapnya..
ekowisata konservasi

Ekowisata di Tengah Pandemi

Pemberlakuan PPKM Darurat membuat beberapa event ekowisata tak lagi dibuka untuk publik. Goa Cemara salah satunya, destinasi dengan event edukasi konservasi ini tidak menjalankan event release tukik penyu seperti tahun-tahun sebelumnya. Event pada musim migrasi penyu 2021 kali ini hanya dilaksanakan tertutup oleh petugas dan masyarakat pegiat konservasi saja. Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi Penyu Mino […]

Baca Selengkapnya..