The Only One “DIPONEGORO” Historical and Culture Tourism

Batu Teliksandi Diponegoro
Batu Telik Sandi Diponegoro

Diponegoro adalah Pahlawan Nasional yang gagah berani melawan kedzaliman penjajahan Belanda dengan Perang Jawa. Perang ini merupakan perang besar yang hampir membawa kebangkrutan ekonomi Belanda. Menurut catatan dalam buku De Java Orlog karya Van De Clerk yang mencatat perjalanan Perang Jawa dan dari catatan Babad Diponegoro yang ditulis Kembali oleh Sejarahwan Pieter Carey menyatakan bahwa, wilayah Selarong dan sekitarnya  menjadi basis markas besar Diponegoro dalam menyusun strategi perang.

Gunung Mijil merupakan tempat perang pertama Pangeran Diponegoro dan Pangeran Mangkubumi bersama 1500 tentara rakyat melawan penjajah Belanda yang akhirnya dapat memukul mundur dan memenangkan pertempuran walau hanya dengan alat perang tradisional bambu runcing dan bandil. Perang ini menjadi pemicu utama Perang Jawa pada tahun 1825-1830 yang membuktikan bahwa rakyat memiliki kesatuan tekad untuk bersatu padu melawan Penjajahan Belanda dengan gagah berani.

Peristiwa perang besar di Gunung Mijil ini walau memberikan kemenangan tetapi juga membawa korban rakyat yang banyak terutama para pejuang Wanita yang menyamar menjadi laskar rakyat layaknya pria. Sebagai bentuk penghormatan perjuangan mulia ini, Gunung Mijil dijadikan obyek wisata sejarah dan budaya berkaitan dengan Perjuangan Diponegoro dan budaya tradisi Jawa.

Arif Suharson

Jangan Ngaku Traveller Sejati Kalo Belum Singgah di Tempat Ini

Apakah kamu orang yang suka jalan-jalan kesana kemari menjelajahi indahnya bumi pertiwi ini? Yap, bahasa gaulnya adalah traveller. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan berjuta wisata, khususnya di provinsi Yogyakarta yang memiliki berbagai destinasi wisata. Ketika kita mendengar kata Yogyakarta pasti yang terlintas dipikiran kita adalah Malioboro. Tapi tahukah kamu bahwa sekarang banyak wisata-wisata […]

Baca Selengkapnya..

Healing – The East of Yogyakarta

I smile because I have survived everything the world has thrown at me. I smile because when I was knocked down, I got back up. Related posts: No related posts.

Baca Selengkapnya..

Pokdarwis Kalurahan Srimartani mendapat Jura 2 dalam Lomba Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Srimartani semakin optimis menjadikan Srimartani sebagai desa wisata setelah berhasil lolos 3 besar dalam seleksi perlombaan Pokdarwis Kabupaten Bantul 2021. Setelah dinyatakan lolos 3 besar dalam tahapan seleksi administrasi, hari ini (Kamis, 5 Juni 2021) Pokdarwis Srimartani mengikuti tahapan penjurian berupa kunjungan lapangan oleh tim juri dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul […]

Baca Selengkapnya..