The Only One “DIPONEGORO” Historical and Culture Tourism

Batu Teliksandi Diponegoro
Batu Telik Sandi Diponegoro

Diponegoro adalah Pahlawan Nasional yang gagah berani melawan kedzaliman penjajahan Belanda dengan Perang Jawa. Perang ini merupakan perang besar yang hampir membawa kebangkrutan ekonomi Belanda. Menurut catatan dalam buku De Java Orlog karya Van De Clerk yang mencatat perjalanan Perang Jawa dan dari catatan Babad Diponegoro yang ditulis Kembali oleh Sejarahwan Pieter Carey menyatakan bahwa, wilayah Selarong dan sekitarnya  menjadi basis markas besar Diponegoro dalam menyusun strategi perang.

Gunung Mijil merupakan tempat perang pertama Pangeran Diponegoro dan Pangeran Mangkubumi bersama 1500 tentara rakyat melawan penjajah Belanda yang akhirnya dapat memukul mundur dan memenangkan pertempuran walau hanya dengan alat perang tradisional bambu runcing dan bandil. Perang ini menjadi pemicu utama Perang Jawa pada tahun 1825-1830 yang membuktikan bahwa rakyat memiliki kesatuan tekad untuk bersatu padu melawan Penjajahan Belanda dengan gagah berani.

Peristiwa perang besar di Gunung Mijil ini walau memberikan kemenangan tetapi juga membawa korban rakyat yang banyak terutama para pejuang Wanita yang menyamar menjadi laskar rakyat layaknya pria. Sebagai bentuk penghormatan perjuangan mulia ini, Gunung Mijil dijadikan obyek wisata sejarah dan budaya berkaitan dengan Perjuangan Diponegoro dan budaya tradisi Jawa.

Arif Suharson

taman jogo bendung

Taman Jogo Bendung

Di Desa Wisata Bendo ada Taman Jogo Bendung. Terdapat Taman Kuliner yang Menyediakan berbagai menu masakan (Bubur Sore,Nasi Rames,Soto,Mie Ayam,Nasi Goreng,Bakmi Goreng dll) Selain Kulineran juga bisa untuk Wisata Sepeda yang Rute nya dekat dengan lokasi Wisata yang lain. Diantaranya Embung Imogiri 1,Makam Seniman,Makam Raja Imogiri, joglo Opak,Bakso Tumpeng Dll Related posts: No related posts.

Baca Selengkapnya..

Desa Wisata Watu Goyang Sebagai Sentra Souvenir Jogja

Watu Goyang merupakan salah satu destinasi wisata Tapak Tilas Sultan Agung yang terletak di Pedukuhan Cempluk, Mangunan, Bantul, Yogyakarta

Baca Selengkapnya..

Lomba Mancing Sebagai Sarana Silaturahim Warga Kadisoro

Lomba Mancing sebagai sarana guyub rukun Warga Kadisoro | DEWI KAJII Rabu 4 Mei 2022 bertempat di Sawah Kolam Terpadu Pokdakan Mina Muda Sejahtera Kadisoro RT 04 Gilangharjo Pandak Bantul DI Yogyakarta. Pokdakan Mina Muda Sejahtera bersama Desa Wisata Kajii dan Forum Keakraban Muda Mudi Kadisoro (FKMMK) melangsungkan Lomba Mancing bersama. Pelaksanaan lomba ini juga […]

Baca Selengkapnya..